Peran Kelompok Studi Ekonomi Islam : Sosialisasi-Penyadaran ekonomi islam perbankan islam

4 12 2009

Seperti yang telah kita ketahui bersama, ekonomi islam telah mengalami perkembangan yang pesat di tanah air. Yang paling menonjol dapat kita lihat dari sisi perbankan syariah yang volume usahanya tumbuh sebesar 49 kali dalam kurun waktu hampir 10 tahun. Kita patut bangga karena tidak ada satu pun bank konvensional yang mampu menandingi perbankan syariah bila dilihat dari sisi pertumbuhannya dari tahun ke tahun.
Walau demikian, market share perbankan syariah di Indonesia masih kurang dari 5%, masih dalam 2,1%-2,5% yaitu sekitar 55Triliyun rupiah bila dibandingkan dengan total share perbankan konvensional yang telah melebihi angka 2500 Triliyun rupiah. Terdengar miris memang, ketika mayoritas bangsa Indonesia ini notabene adalah pemeluk agama islam, seorang muslim, tidak mendaya gunakan bank-bank syariah yang sudah berdiri ini untuk tempat menabung mereka. Banyak dari komunitas muslim di Indonesia masih saja berkutat dengan riba (bunga bank; interest)yang banyak dipraktekan dalam kehidupan berekonomi yang ada di bank konvensional.
Bank-bank syariah sudah banyak melakukan perbaikan dari waktu ke waktu agar dapat bersaing dengan bank konvensional yang sudah lama mengakar di Indonesia. Namun, tetap saja sulit untuk menembus angka 5% tadi.Mengapa bisa terjadi? Banyak hal memang yang merupakan faktor penyebabnya. Beberapa di antaranya terkait dengan fasilitas, pelayanan, instrument perbankan syariah yang belum dapat membuat mayoritas masyarakat muslim Indonesia untuk melirik pada label “Syariah” pada bank-bank syariah itu. Faktor lain yang tidak kalah penting adalah faktor sosialisasi perbankan syariah kepada penduduk muslim Indonesia.
Dalam hal sosialisasi ini, kita sebagai entitas mahasiswa yang berada dalam komunitas pejuang ekonomi syariah ini atau biasa disebut dengan Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) punya andil tersendiri. KSEI dapat melakukan sosialisasi ekonomi islam-bank syariah kepada lingkup masyarakat yang paling dekat dengannya, yaitu pada lingkup universitas. KSEI dapat mensosialisasikan perbankan syariah dengan membentuk opini publik pada lingkup tersebut, sehingga anggapan orang-orang pada perbankan syariah akan mengarah pada tanggapan yang positif.
Banyak cara untuk mensosialisasikannya,pertama dengan melakukan event-event dengan menonjolkan keunggulan dari perbankan syariah serta yang dapat menyadarkan masyarakat siapa mereka sehingga mengetahui siapa rabb-ilah yang harus dituruti sehingga nantinya mereka akan bermuamalah(berekonomi) sesuai dengan Islamic point of view.
Mungkin membentuk kesadaran masyarakat itu adalah hal yang harus dilakukan terlebih dahulu sebelum mengulas kelebihan dan manfaat dari perbankan syariah itu sendiri. Mengapa demikian? Karena ketika Rasulullah Muhammad SAW diangkat menjadi Rasul, beliau tidak mengharuskan tataran syariah terlebih dahulu melainkan menyadarkan terlebih dahulu masyarakat arab jahiliyah ketika itu siapa Tuhan mereka, menguatkan tataran aspek ke-tauhidan. Bukankah landasan ekonomi syariah (baca: ekonomi islam) itu tauhid? Coba pikirkan, apakah efektif ketika masyarakat tidak mengetahui kedudukan Allah swt, mereka dengan senang hati mengikuti apa-apa yang Allah perintahkan dan menjauhi apa-apa yang dilarang-Nya? Menurut penulis, hal itu tidaklah efektif. Jadi, alangkah baiknya jika KSEI-KSEI yang ada tahu benar bahwa ekonomi islam itu adalah tindak afektif dan psikomotorik dari kognitif islam-tauhid kepada Allah. Ekonomi islam adalah aksi konkrit bahwa kita adalah muslim. Apalagi kalau kita berpredikat sebagai mahasiswa ekonomi, ekonomi islam harus menjadi tanggung jawab atas eksistensi kita menjadi seorang muslim mahasiswa ekonomi.


Aksi

Information

2 responses

4 12 2009
Peluang Usaha Dunia Akhirat

makasih ya sobat infonya. update terus ya artikelnya disini

6 03 2010
Pesona Muslim

Subhanallah…..melalui komentar ini kami mengajak sahabat untuk bergabung di aggregasi web kami,cukup memasang banner kami,insya Allah setiap sahabat posting terbaru akan muncul di web kami..syukran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: